Pemkab Bangka Tengah Fasilitasi Petani Cabai

Pemkab Bangka Tengah Fasilitasi Petani Cabai

Koba — Pemerintahan Kabupaten Bangka Tengah memfasilitasi para petani di sentra produksi tanaman hortikultura cabai, Desa Trubus, Kabupaten Bangka Tengah.

Lahan yang dipersiapkan juga cukup luas, hingga mencapai 25 hektare. sementara, dari luasan lahan yang disediakan oleh Pemkab Bateng ini, rencananya masih akan terus dikembangkan lagi ke depannya.

” Luas lahan yang kita siapkan luasan sampai 25 hektare, karena disini lahan kosong juga masih banyak, masih bisa kita kembangkan lagi untuk memacu semangat para petani,” kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh, seperti dikutip dari antara, Rabu, 06/12.

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian Pemkab Bangka Tengah, Widodo, saat dihubungi redaksi, soal sokongan Pemkab Bateng melalui Dinas Pertanian, dalam upaya menggenjot hasil produksi di sentra holtikuktura cabai, mengatakan bahwa hasil produksi di Desa Trubus ini, diharapkan selain dapat memenuhi kebutuhan domestik sendiri, namun juga bisa dijadikan komoditas berdaya saing ekonomis tinggi bagi para petani.

” Dari kita, (Dinas Pertanian–red), turut memfasilitasi berupa pembinaan dan pendampingan, sementara bantuan pupuk, bibit, pestisida, untuk pendanaan-nya langsung berasal dari APBN dan sebagian dari Bank Indonesia,” ucap Widodo, Rabu, 06/12.

Perlu diketahui, komoditas tanaman cabai ini, belakangan harganya kadang alami fluktuatif, dan malah di beberapa kesempatan juga menghilang dari pasaran. Karena selain langka, bagi masyarakat setempat sendiri, kuliner mereka akan jadi hambar jika tak dicampur dengan cabai.

“Pemerintah melalui Dinas Pertanian tentunya terus mendukung upaya-upaya kelompok tani yang ada sekarang demi memenuhi pasokan, selain tentunya diketahui tanaman cabai memiliki nilai ekonomis tinggi,” tutup Widodo. (LH)

foto : illustrasi

REKOMENDASI :

Harga Daging Stabil, Tapi Kami Ogah Makan Keong

Dibaca 125

Mantap Jiwa !!  Polisi Jaman Now Punya Aplikasi E-...

Dibaca 30

Fokus Utama Soal Penanganan Banjir Di Pangkalpinan...

Dibaca 41

Hore, Di 2018 Provinsi Babel Bangun Dua Ruas Jalan...

Dibaca 53

Terkait Penolakan Kapal Isap, Nelayan Beltim : ...

Dibaca 114

Dinas Kesehatan : ” Proses Daftar BPJS Butuh...

Dibaca 45

Gawat !! Janji Bupati Belitung Ditagih Warganya

Dibaca 184

Dambus, Akar Sejarah Dan Mitos Yang Belum Usai

Dibaca 42

Click to comment

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.