Pimpinan grup musik perempuan Korut mengepalai tim inspeksi Olimpiade

Pimpinan grup musik perempuan Korut mengepalai tim inspeksi Olimpiade
Pimpinan grup musik perempuan Korut mengepalai tim inspeksi Olimpiade
Korea, Hyon Song-wol, Korea Utara Hak atas foto Getty Images Image caption Perhatian media terpusat pada Hyon Song-wol, pimpinan grup musik perempuan Moranbong.

Satu delegasi Korea Utara sudah tiba di Korea Selatan dalam lawatan bersejarah untuk meninjau fasilitas budaya dalam Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang yang akan digelar bulan Februari.

Delegasi yang dipimpin oleh pemuka kelompok musik perempuan Moranbong yang terkenal itu tiba di Korea Selatan, Minggu (21/01).

Pemerintah Pyongyang sudah sepakat untuk mengirim tim ke Korea Selatan menyusul digelarnya perundingan bilateral tingkat tinggi yang pertama dalam dua tahun belakangan.

Keputusan itu dilihat sebagai terobosan diplomatik setelah ketegangan selama beberapa bulan belakangan terkait program nuklir Korea Utara.

Korsel: Korea Utara terima tawaran dialog bahas Olimpiade Membandingkan Korea Utara dan Korea Selatan yang pernah seimbang Korut sepakat kirim kontingen atlet untuk Olimpiade

Media setempat melaporkan delegasi Korea Utara itu melintasi perbatasan yang dijaga ketat oleh militer dengan menggunakan bus sebelum tiba di ibu kota Seoul.

Dengan dikawal ratusan aparat polisi, mereka kemudian melanjutkan perjalanan dengan kereta api menuju Gangneung, tempat pertandingan untuk cabang olah raga dalam ruang.

Hak atas foto Reuters Image caption Hyon Song-wol saat meninjau salah satu sarana Olimpiade Musim Dingin di Gangneung, tempat pertandingan untuk cabang olah raga dalam ruang.

Namun perhatian media terarah pada Hyon Song-wol.

Dia dan 10 anggota kelompok musik perempuan Moranbong merupakah wajah mewah dari negara tertutup Korea Utara dan sering disamakan dengan Spice Girls, grup penyanyi perempuan asal Inggris yang pernah amat terkenal di seluruh dunia.

Hak atas foto Reuters Image caption Delegasi Korea Utara melintasi perbatasan militer dengan menggunakan bus untuk menuju ibu kota Seoul.

Tampil di panggung dengan mengenakan rok mini dan sepatu hak tinggi, Moranbong membawakan campuran musik bergaya pop Barat yang dicampur dengan lagu-lagu patriotik, yang dianggap agak kuno oleh warga Korea Selatan, seperti dilaporkan kantor berita AFP.

Hyon disebut-sebut sebagai mantan pacar pemimpin Korut, Kim Jong-un, walau kabar burung itu dibantah oleh para pengamat Korea Utara.

Dia juga akan memimpin 140 orang anggota akrobat seni Samjiyon, yang rencananya tampil dua kali, yaitu di Seoul dan Gangneung pada saat Olimpiade Musim Dingin berlangsung.

Hak atas foto Reuters Image caption Hyon Song-wol juga akan memimpin 140 orang anggota akrobat seni Samjiyon.

Kunjungan delegasi ini selama dua hari merupakan yang pertama dari berbagai lawatan berkut untuk mempersiapkan keikutsertaan Korea Utara di Gangneung.

Satu tim lain akan berkunjung ke Korea Selatan pekan ini guna memeriksa logistik bagi para atlet Korea Utara sementara Seoul akan mengirimkan pejabatnya untuk meninjau kawasan ski di Korea Utara.

Tim Korea Utara akan terdiri dari para atlet, pejabat olahraga, dan juga para pemandu sorak.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.