Bagaimana Ratu Inggris menaklukkan mode?

Bagaimana Ratu Inggris menaklukkan mode?
Bagaimana Ratu Inggris menaklukkan mode?
Ratu Elizabeth Hak atas foto Getty Images

Ratu Elizabeth tidak pernah mau tunduk pada mode fesyen. Seperti yang dikatakan oleh perancang kerajaan Sir Norman Hartnell dengan agak tegas kepada The New York Times pada tahun 1953:

"Ratu dan Ibu Suri tidak ingin menjadi penentu mode. Itu diserahkan kepada orang lain dengan pekerjaan yang kurang penting." Implikasinya adalah bahwa dia justru berada di atas semua hal semacam itu.

Mungkin tidak, jika penampilan Ratu baru-baru ini di barisan depan di London Fashion Week adalah sesuatu yang harus diabaikan. Dia hadir untuk memberikan Ratu Elizabeth II Award untuk Desain Inggris kepada perancang Richard Quinn, dan saat mempresentasikannya, dia mengumumkan penghargaan tersebut sebagai "warisan" untuk mode fesyen Inggris.

Ratu Elizabeth II mencatat takhta terlama Inggris selama 65 tahun Ratu Eizabeth bertemu warga dan sukarelawan Menara Grenfell Nenek umur 91 tahun menangi kontes kecantikan

Dan dengan caranya sendiri yang tak ada bandingannya, sang ratu telah menjadi kekuatan yang kuat dan konsisten dalam mode selama beberapa dekade. Gaya andalannya bermula dari awal masa pemerintahannya, dan ida dengan gigih menolak untuk beralih dari gayanya tersebut.

Gaya Ratu konstan dan intrinsik pada identitasnya - dan meski mungkin terlihat mudah, ia secara halus mengirimkan semua pesan yang dibutuhkan. Dikatakan: wewenang, kebijaksanaan dan diplomasi yang tak tergoyahkan, dan saat kesempatan menuntutnya, menakjubkan, kemewahan yang megah.

Hak atas foto Getty Images Image caption Baru-baru ini Ratu memakai scarf dengan gaya andalannya ketika menyambut pasangan Obama - menandakan mood yang informasl

Dalam bukunya, Guide To English Style, Luella Bartley mencantumkan beberapa peraturan mode fesyen kelas atas: "Tidak ada yang tampak baru. Korban mode impulsif akan mengalami kematian. Jika Anda harus mencoba Anda sudah pasti kalah. Tradisi adalah segalanya. Negara tempat ini berada."

Seragam Ratu mewakili kode-kode ini. Ini penampilannya dan dia bertahan dengan itu - dan itu banyak beredar.

Gaya Ratu menandakan otoritas, kebijaksanaan dan diplomasi yang tak tergoyahkan

Pilihan sartorial Ratu sering mengatur nada. Untuk kunjungan Obamas ke Kastil Windsor untuk ulang tahunnya yang ke 90, misalnya, Ratu dan Duke of Edinburgh difilmkan untuk bertemu dengan tamu mereka di halaman perkebunan - dengan Duke sendiri berada di roda Range Rover.

Ratu mengenakan setelan rok biru muda - dengan ciri khasnya, scarf untuk menutup kepala, disatukan secara pragmatis di bawah dagu. Suasana hati yang bersahaja - informal, ramah, akrab.

Syal di kepala menandakan ketenangan, tahan cuaca, pedesaan, praktis -dan ini merupakan gaya andalan kerajaan sejak tahun 1940an ketika Elizabeth muda difoto bersama saudaranya Putri Margaret di sebuah pertunjukkan kuda kerajaan, keduanya menggunakan syal bunga.

Tampilannya juga telah diadopsi oleh orang seperti Jackie Kennedy dan Audrey Hepburn, dan bahkan tampil dalam catwalk dalam beberapa tahun terakhir oleh para desainer seperti Dolce & Gabbana.

Bahkan, Richard Quinn, pemenang penghargaan baru Ratu, bahkan menampilkan scarf di acaranya.

Dalam hal tersebut, Ratu bukan hanya Ratu, tapi wanita country Inggris tradisional dan nakal, dengan anjing di kakinya dan sebuah salinan dari Racing Post yang terselip di bawah lengannya. Ada sentuhan julukan 'Brenda' (nama panggilan pribadi Private Eye untuk sang monarki) tentang tampilan itu hanya menambah pesonanya.

'Selalu sesuai'

Di Balmoral, sang ratu bahkan tampak santai dalam penampilannya. Dari tahun 1950-an tetap tidak berubah - sebuah jaket wol atau ritsleting rajutan, dan rok Balmoral-tartan yang lipit. The tartan, dengan warna abu-abu granit, hitam dan merah, bersifat pribadi bagi bangsawan dan diciptakan oleh Ratu Victoria dan Pangeran Albert setelah mereka mendapatkan tanah Skotlandia.

Pakaian sang Ratu yang tidak berubah ini mengirim pesan subliminal, bukan hanya tentang karakternya tapi juga tentang kelasnya - bagaimanapun juga, di kalangan tertentu, perubahan, kebaruan, tren, dan unjuk rasa entah bagaimana agak unik, indikator semacam mentalitas arrivis.

Hak atas foto Getty Images Image caption Sejak 1950an, gaya Balmoral ratu tidak juga berubah - jaket tweed aau setelan rajutan tweedm dan rok bergaya Balmoral-tartan.

Kode halus 'U dan Non-U' yang dieksplorasi oleh Nancy Mitford di tahun 1950 menunjukkan banyak indikator kompleks dalam masyarakat Inggris yang memisahkan kelas atas dan kelas non-atas.

Meskipun sebagian besar kode ini sekarang dirasa ketinggalan jaman dan sombong, gagasan bahwa kilatan tidak cukup menjadi 'sesuatu' tetap ada di kalangan aristokrat. Kode berpakaian pedesaan yang sempurna di atas panggung adalah bagian besar dari cerita sartorial sang raja.

"Ratu selalu tepat. Apa yang menarik adalah ke-Inggris-an itu, semacam keanggunan klasik dan abadi, "kata Caroline de Guitaut, Kurator Senior di Royal Collection, yang mengurasi Fashioning a Reign, yang bertepatan dengan ulang tahun ke-90 Ratu.

Pameran itu "tentang kenangan" de Guitaut mengatakan kepada BBC Culture.

"Pakaian-pakaian itu membentang mayoritas abad ke-20 dan memasuki abad ke-21, dengan banyak kesempatan besar yang merupakan bagian dari kehidupan dan kehidupan Ratu."

Ratu telah menjadi focal point untuk komunikasi massa karena telah berevolusi

Sebagai wanita yang paling banyak difoto dan difilmkan dalam sejarah dan monarki yang memerintah paling lama, Ratu telah menjadi titik fokus komunikasi massa karena telah berevolusi, mulai dari hari-hari awal dengan foto dan berita film pertama, hingga kedatangan televisi dan internet.

Ketika dia naik takhta pada tahun 1953, sang ratu baru berusia 25 tahun, gaun penobatannya yang luar biasa, yang diciptakan oleh Hartnell, dihiasi dengan simbol-simbol dan lambang emblem yang unik dari Kepulauan Inggris dan Persemakmuran, termasuk pola licin daun bawang Welsh, yang disulam dengan cermat di gaun itu.

Hak atas foto Getty Images Image caption Gaun yang digunakan oleh Ratu Elizabeth dalam penobatannya menampilkan simbol yang kompleks dan emblem yang unik dari Kepulauan Inggris dan Persemakmuran.

Perlu dicatat sosok yang sangat glamor dari perempuan muda itu, seorang ratu yang berusia 20-an, dan betapa dia kesan muda dan menawan yang dibuatnya pada semangat dan jiwa nasional pada masa awal pemerintahannya.

Bagi sebuah negara yang muncul usai masa perang, Elizabeth muda adalah sosok harapan dan modernitas. Fakta bahwa dia datang ke takhta pada masa jayanya budaya fesyen Inggris bekerja untuk mendukungnya, dan meskipun dia mungkin belum bermaksud menciptakan tren, dia pasti banyak ditiru.

Bahkan ada petualangan tertentu tentang beberapa seleranya, menurut de Guitaut: "Beberapa topi dari tahun 1950-an dan tahun 60an benar-benar eksperimental dan menantang."

Hak atas foto Getty Images Image caption Gaya ratu yang tidak pernah berubah mengirimkan suatu pesan, tidak hanya soal karakter dia, tapi juga kelasnya.

Pada tahun 1950-an, Ratu ditunjukkan dengan tak henti-hentinya di majalah dalam kreasi Hardy Amies-nya ("Keanggunan yang dipatenkan dan terkendali", seperti yang dikatakan Guitaut) dan desain Hartnell ("Lebih mencolok dan flamboyan.").

Adalah Hartnell yang menciptakan gaya glamor ratu yang memukau dengan pinggang dan rok penuh. Dan pada tahun 1960, dalam pernikahan saudara perempuannya Putri Margaret, dia mengenakan gaun taffeta sutra biru aqua yang tak bernoda dengan jaket bolu dan sarung tangan yang pas. Topi dengan jaring itu dihiasi dengan dua mawar biru untuk melambangkan nama kedua Margaret.

Power dressing

Bahasa subliminal dari pakaian kerja diplomatik Ratu yang dipakai dalam kunjungan kenegaraan di luar negeri telah dipikirkan dengan mirip, dengan masing-masing pakaian menggabungkan anggukan untuk diplomasi dalam bentuk simbol, lambang atau skema warna bordir, yang dirancang untuk memberi pujian kepada negara tuan rumah.

Pada suatu kunjungan ke Australia, sang ratu mengenakan gaun bersulam dengan wattle, bunga nasional negara ini.

Dia mengenakan gaun yang dihiasi bunga mayor pada tahun 1957 saat berkunjung ke Nova Scotia; Pada tahun 1983 gaunnya dihiasi bunga poppy California untuk kunjungan ke pantai barat Amerika Serikat; lebih dekat ke rumah, di Balmoral Ghillies Ball tahunan pada akhir 1960-an, Ratu mengenakan gaun bola tiram dengan sabuk tartan.

Kemudian ada protokol yang perlu dipertimbangkan - Ratu telah mengunjungi Paus di Vatikan tujuh kali, dan setiap kali mengenakan pakaian hitam, lengkap dengan selubung, karena setiap anggota perempuan keluarga kerajaan harus melakukannya.

Hak atas foto Getty Images Image caption Ratu menolak untuk mengubah gayanya sejak dia naik tahta - tidak ada gaya baju print tahun 1970an baginya.

Lemari pakaian kerajaan sekarang sebagian besar dibuat oleh Angela Kelley di ruang kerja Buckingham Palace, dan siluetnya adalah versi dari gaun bergiliran kolom yang dulu dipakai Ratu pada tahun 1960an.

Pakaian dari kepala ke ujung, pakaian yang diblokir warna dan topi yang sesuai yang disukai ratu untuk kepentingan publiknya telah menjadi merek pribadinya. Ini adalah gaya yang langsung dikenali.

"Ini adalah dialog antara perancang dan ratu, dan dengan cara pakaian Ratu membuatnya terpisah dari kita," kata de Guitaut.

"Karena jika dia pergi ke suatu tempat, kita perlu menemuinya, jika tidak, itu meniadakan maksudnya berada di sana. Orang ingin dia menonjol. Jadi format bajunya mengikuti jalan yang konstan - baju dan jaket harian atau baju mantel dan topi, dan aksesoris wajib."

"Anda tidak melihat banyak pola. Anda melihat kilatan warna solid dan jelas dengan topi yang sesuai dengan pakaiannya, dan bentuk topi itu bisa dikenali."

Hak atas foto Getty Images Image caption Tas Ratu dibuat oleh merk dari Inggris, Launer dan dia disebut memiliki 200 tas dari merk ini.

Ada peraturan yang selalu dipatuhi - tumit dua inci, hemline di bawah lutut, bagian bawahnya terbebani untuk menghindari insiden pakaian yang tidak bermartabat dalam kondisi berangin. Topi itu bertepi kecil dan tinggi (jarang melihat sang Ratu tanpa tutup kepala - scarf, topi atau tiara dipakai - kecuali di dalam rumah).

Warnanya tebal, beberapa mungkin mengatakan sulit, pastel - kuning lemon atau karang - dan siluetnya disesuaikan dan setelannya. Tapi itu berhasil - apalagi, gaya itu telah menjadi semacam paradigma untuk mengganti pakaian wanita, dan telah disesuaikan dan dipinjam selama beberapa dekade oleh orang-orang seperti Margaret Thatcher, Angela Merkel, Nicola Sturgeon dan Hillary Clinton."

"Tampilan itu mengirim pesan kekuatan - ia mengatakan ketenangan, perawakannya, tidak menjadi kacau."

Ratu telah mengatakan untuk menggunakan tasnya untuk berkomunikasi secara halus dengan stafnya

Yang sama ikonnya adalah tas tangan Ratu, mungkin barang paling familiar di lemari pakaiannya. Tas tersebut dibuat oleh merek Inggris Launer, dan dia disebut memiliki 200 dari mereka, semua dengan tali memanjang untuk memungkinkan goyangan tangan yang diperlukan.

Sudah lama ada spekulasi tentang isi tas itu. Selalu ada lembarab Poundsterling dilipat untuk koleksi gereja pada hari Minggu, beberapa komentator telah mengklaim, dan sebuah lipstik dan cermin. Dan telepon genggam, sebut orang lain - untuk menelpon cucu-cucunya.

Hak atas foto Getty Images Image caption Dari kepala sampai jempol kaki, pakaian harian ratu yang penuh warna dan topi dengan warna sepadan menjadi gaya pribadinya.

Ratu telah mengatakan untuk menggunakan tasnya untuk berkomunikasi secara halus dengan stafnya - jika dia meletakkan tasnya di atas meja saat makan malam, misalnya, secara diam-diam mengirim pesan bahwa dia ingin acara tersebut berakhir.

Dalam sebuah foto keluarga resmi baru-baru ini, salah satu cucu perempuan kecil Ratu mencengkeram tas tangan besar itu dengan bangga, seolah ingin menekankan - dan sedikit mengkritisi - statusnya yang hampir mistis.

Saat kesempatan menuntutnya - untuk malam atau acara kenegaraan tinggi - Ratu selalu tampil penuh kemenangan dalam pernak-pernik yang lengkap. Gaun manik-maniknya yang elegan, mantel bulu rubah putih dan perhiasan berkilauan yang lengkap dengan tiara merupakan kombinasi andalan.

Alexander McQueen, Saint Laurent, Gucci dan Valentino baru-baru ini menggabungkan sentuhan agung dalam koleksi mereka. Ini, dan penampilan Ratu yang baru-baru ini di barisan depan fashion sepertinya akan menunjukkan bahwa pesan sartorial kuno masih bisa melakuukan sihirnya.

Anda bisa membaca versi asli dari arti artikel ini di How the Queen conquered fashion di BBC Future

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.