BLK Kurangi Angka Pengangguran di Buton

BLK Kurangi Angka Pengangguran di Buton
BLK Kurangi Angka Pengangguran di Buton

Nur Iskandar

.CO.ID — Angka pengangguran di Kabupaten Buton sejak tahun 2015 hingga 2017 lalu, diklaim mengalami penurunan. Jumlahnya mencapai 10 persen. Turunnya angka pengangguran tersebut karena masyarakat ikut serta dalam setiap kegiatan di Balai Pelatihan Kerja (BLK) untuk mendapat keterampilan. Sehingga mereka dapat bergabung pada setiap perusahaan sesuai kemampuan masing-masing.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Buton, Nur Iskandar, mengatakan, BLK membuka tujuh bidang pelatihan yang dapat dipilih masyarakat. Masing-masing bidang diikuti 16 peserta pelatihan.

“Dengan adanya BLK di Buton maka bisa menjadi salah satu wadah guna mengurangi pengangguran,” ujar Nur Iskandar saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (12/4). Ia menjelaskan, tujuh pelatihan yang dibuka BLK Buton adalah teknologi informasi dan komunikasi, kelistrikan, garmen apparel, tata kecantikan, mebel, bisnis manajemen, prosesing, otomotif, industri dan pariwisata.

“Pesertanya terbuka untuk umum dan dapat mendaftarkan diri langsung di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Buton. Pelatihan digelar selama kurang lebih tiga bulan. Tentu ini dapat membuka ruang bagi masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan,” tandasnya. (c/mel)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.