Tips Aman Menggunakan VR

Tips Aman Menggunakan VR

Jakarta, Selular.ID – Penggunaan Virtual Reality atau VR sudah merambah ke berbagai macam bidang seperti  medis, pendidikan, hingga arsitektur. Bidang tersebut sudah memanfaatkan teknologi ini untuk operasional mereka.

Menggunakan VR dianggap dapat membantu memberikan gambaran dan visual yang baik bagi pekerjaan mereka. Sekaligus memberikan pengalaman baru untuk mereka yang memakainya.

Namun, menggunakan VR ternyata dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman untuk sebagian orang. Hal ini dikenal dengan motion sickness atau istilah lainnya mabuk.

Dimas Setyo, Produk Managemr Acer Indonesia,  memberikann tips.untuk.meminimalisir mabuk menggunakan VR.

Menurut Dimas hal yang pertama dilakukan adalah mengatur settingan komputer agar permainan dapat menampilkan frame per second (FPS) yang tinggi.

“Game dengan FPS rendah bisa membuat mata kita lelah,” ujarnya Dimas di Jakarta, (12/4/2018).

Dimas  menuturkan, usahakan setiap pemain untuk mengikuti gerak dari sebuah permainan VR.

“Dalam game roller coaster misalnya, usahakan Anda melihat searah game bergerak. Kalau melihat berlawanan arah bisa muncul motion sickness,” ujar Dimas.

Namun, selain dua hal tersebut ada hal yang juga harus diperhatikan ketika menggunakan VR.

Ketika bermain game, gerakkan karakter secara perlahan.Biasanya saat bermain game, pengguna akan cenderung bergerak lebih cepat untuk menyelesaikan quest dari permainan. Namun jika bermain menggunakan VR, gerakkanlah karakter dalam permainan sedikit lebih lambat. Hal ini akan membantu mata dan otak melakukan sinkronisasi dengan baik sehingga motion sickness dapat dihindari.

Kemudian hindari pergerakan kepala secara berlebihan, ketika menggunakan VR kurangi gerakan kepala sampai seminimal mungkin. Pergerakan kepala yang terlalu sering akan membuat otak bingung karena ketidak sesuaian antara realitas dengan apa yang ditampilkan.

Untuk melihat keadaan sekitar di dalam VR, bisa menggunakan analog atau joypad sehingga kepala tidak terlalu banyak bergerak.

Berikutnya adalah duduk saat menggunakan VR.Hal ini sangat disarankan untuk setiap pemakaian VR. Jika menggunakan VR dengan berdiri dan berjalan, maka ada kemungkinan pengguna menabrak tembok atau benda-benda yang ada di rumah.

Baca juga: Pasar Headset AR dan VR Diprediksi Akan Segera Pulih

Jadi duduk saat memakai VR akan menjauhkan pengguna dari resiko itu. Selain itu, posisi duduk juga akan mengurangi kemungkinan untuk munculnya rasa mual.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.