Konsep Gubernur Babel Perlu Dikaji Ulang

Konsep Gubernur Babel Perlu Dikaji Ulang

Bangka Belitung — Anjloknya Harga komoditas unggulan lada belakangan ini, diyakini membuat petani lada di Bangka Belitung makin resah.

Dalam rilis yang diterima redaksi siang ini, Rabu, 01/11, Jafri, petani lada di Kecamatan Mendo Barat mengatakan, konsep resi gudang yang ditawarkan Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan beberapa waktu yang lalu, perlu di kaji lagi secara matang.

” Untuk mendongkrak dan memproteksi harga perlu kajian yang mendalam serta membutuhkan ahli di bidangnya. Bicara lada tidak hanya bicara harga, tapi juga bicara kualitas, pemasaran, serta tentunya mekanisme pasar,” ucap Jafri, yang saat ini juga menjabat selaku Ketua Asosiasi Petani Karet Babel ini.

Menurutnya lagi, perihal kualitas mestinya berbanding lurus dengan harga, tapi kalau efek ke depannya mekanisme pasar berakibat menjadi liar dan tidak terkontrol, maka harus ada regulasi lainnya yang memproteksi soal lada ini. ” Salah satu kontrol pada mekanisme pasar pemerintah, sejatinya Pemerintah juga harus berani memanggil para eksportir, untuk meminta transparansi terhadap harga lada di pasaran dunia,” bebernya lagi.

Muntok White papper merupakan senjata andalan bagi petani lada di Babel, sampai saat ini. Dan demi menjaga pasaran lada sampai tingkat dunia, terutama pasar Eropa. Karena sampai saat ini hampir seluruh eksportir lada dari Babel, tidak pernah terbuka dan jujur terhadap harga lada di tingkat dunia.

Terakhir, Jafry juga menyambut positif terhadap konsep Resi gudang ini, cuma dikhawatirkan, kalau pada nantinya tidak terkontrol pasarnya, maka akan mustahil harga lada akan naik. Logikanya, mana mungkin koperasi maupun pihak bank akan mau mengalami kerugian dalam hal menjamin harga lada tersebut, kalau pada prakteknya harga di pasaran murah terus. ” Untuk itu kita berharap kepada Gubernur, agar berani dalam melakukan kontrol terhadap indikasi adanya mafia besar yang memainkan harga tersebut,” pungkasnya. (LH)

REKOMENDASI :

Coba Kabur, Pelaku Pencabulan Di Babel Dicokok Pol...

Dibaca 79

Jadwal Jembatan Emas Disiarkan Radio

Dibaca 44

Dihajar Banjir, Jembatan di Bangka Tengah putus

Dibaca 22

Pangkalpinang miliki masterplan Transportasi Umum

Dibaca 280

Kembali Beroperasi, Penambang Liar Babel Diobrak A...

Dibaca 158

Soal Anggaran Fiktif, Pejabat Bangka Tuding Media ...

Dibaca 192

Ada APBDes Fiktif di Kabupaten Bangka

Dibaca 295

Kades Mendo Cueki Program Bupati Bangka

Dibaca 276

Click to comment

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.