Buteng Anggarkan Alat Uji Kualitas Air

Buteng Anggarkan Alat Uji Kualitas Air
Buteng Anggarkan Alat Uji Kualitas Air

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Lingkungan Hidup Buton Tengah (Buteng) akan berupaya menganggarkan pengadaan instrumen uji kualitas air, meski hanya sebuah alat laboratorium yang sederhana. Pasalnya, alat itu sangat dibutuhkan oleh instansi tersebut dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

Kadis Lingkungan Hidup Buteng, La Alimuddin mengatakan, pihaknya akan memperjuangkan agar pengadaan alat uji kualitas. Pasalnya, berapa banyak anggaran yang akan digunakan jika setiap menguji kualitas air mesti memanfaatkan jasa laboratorium lain. “Alat uji kualitas air ini merupakan salah satu usulan prioritas kami dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah pada 2018 nanti. Untuk alatnya, akan kami sesuaikan dengan anggaran daerah, apakah mengadakan alat uji yang terakreditasi atau sebatas pengujian dasar,” ungkapnya, jumat (17/11).

Alimuddin menjelaskan, alat uji air yang terakreditasi membutuhkan dana hingga ratusan juta. Namun, kalau untuk pengujian dasar hanya butuh kurang lebih Rp 20 juta. “Kita lihat saja, alat mana yang disetujui dalam APBD 2018,” ujarnya. Dia mengungkapkan, alat uji kualitas air yang dibutuhkan Dinas Lingkungan Hidup diharap berspesifikasi mengukur kandungan pH, DHL dan daya hantar listrik. Artinya, alat tersebut sangat mendukung pihaknya dalam memantau kualitas sumber air di Buteng ke depan. (c/myu)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.