Harmonisasi Pers dan Penguasa

Harmonisasi Pers dan Penguasa

Hubungan antara pers dan penguasa menjadi seperti gelombang yang naik-turun tapi tak pernah pernah terputus. Keduanya saling membutuhkan.

Tapi, harap dimaklumi kalau pers lebih cenderung mengkritisi daripada memuji. Itulah pers yang ideal, yang selalu memerankan diri sebagai watchdog of the government. Sekalipun para penyelenggara negara berkinerja cukup baik, tetap saja pers harus rajin menyalak agar para penguasa itu mawas diri.

Apalagi, jika kinerja mereka relatif buruk. Hal itu biasanya menjadi sasaran empuk bagi pers. Karena itulah dapat dimaklumi jika ada sebagian pers yang cenderung lebih suka memotret sisi-sisi jelek pemerintah daripada sisi-sisi bagusnya.

Terhadap pers yang suka menyalak itu para penguasa hendaknya tak alergi dan terburu-buru menyimpulkan dengan mengatakan, misalnya, pers tersebut ditunggangi kepentingan politik tertentu atau pers tersebut berniat menyerang (melakukan pembunuhan karakter) pihak tertentu.

Akhirnya, renungkanlah sepotong kalimat bermakna yang pernah diucapkan oleh Presiden ke-3 AS, Thomas Jefferson (1801-1809). When it is left me to decide whether we should have a government without newspapers, or newspapers without government, I should not hesitate to prefer the letter (Jika saya ditanya mana yang akan saya pilih, pemerintah tanpa surat kabar atau surat kabar tanpa pemerintah, tanpa ragu saya akan memilih yang terakhir). ***

Oleh: Suheri, Bendahara DPC KWRI Asahan

REKOMENDASI :

Yasir Ul Haque Terpilih Kembali Menjadi Ketua Kara...

Dibaca 25

Sebanyak 417 Koperasi di Asahan Dinyatakan Aktif

Dibaca 16

KPU Asahan Tes Wawancara Calon Anggota PPK

Dibaca 99

Sekolah di Asahan Dibekali Penataan Kearsipan

Dibaca 16

Pemkab Asahan Peringati Hari Sumpah Pemuda dengan ...

Dibaca 16

Inilah Peran dan Fungsi Guru di Dalam Kelas

Dibaca 33

KPU Asahan Gelar Jalan Sehat Gerakan Sadar Pemilu

Dibaca 32

PSSA U15 Berhasil Kibarkan Merah Putih di Markas L...

Dibaca 54

Click to comment

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.