Wabup : Kesehatan Masyarakat Asahan ke Depan harus Lebih Baik

Wabup : Kesehatan Masyarakat Asahan ke Depan harus Lebih Baik

Kisaran – Angka kematian ibu, kekurangan gizi serta penyakit menular dan tidak menular, masih terus terjadi di negeri ini. Makanya hal ini harus segera diselesaikan dengan mengerahkan segala potensi yang ada.

Demikian ditegaskan Wakil Bupati Asahan H Surya BSc pada upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53, di halaman kantor Bupati Asahan, Senin (13/11).

Membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI, Prof.DR.dr Nila Farid Moeloek. Sp.M (K), Wakil Bupati menegaskan, kepada seluruh jajaran Dinas Kesehatan serta Puskesmas untuk dapat berupaya mengatasi masalah yang terjadi saat ini, juga mengantisipasi kondisi kesehatan masyarakat ke depan.

“Puskesmas dan tenaga kesehatan di dalamnya, harus mengambil peran mencerdaskan masyarakat untuk hidup sehat, dengan cara aktif dan terus menerus melakukan promosi perilaku hidup bersih melalui pendekatan keluarga,” ujar Wakil Bupati.

Wabup yang mewakili Bupati Asahan Drs Taufan Gama Simatupang ini juga menguraikan, pembangunan kesehatan perlu melibatkan lintas sektor melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Hal itu didasarkan pada kenyataan bahwa keberhasilan program kesehatan tidak terlepas dari peran serta masyarakat dan lintas sektor terkait.

“Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan mendorong terlaksananya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), dengan upaya mengajak lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat, dan pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat,” jelasnya.

Dengan pendekatan keluarga dan Germas, diharapkan dapat membangun kemandirian keluarga dan masyarakat, sebagai upaya promotif dan preventif hingga akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan yang tinggi, agar tercipta masyarakat yang produktif serta dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional.

Dalam kesempatan itu, H Surya menyampaikan selamat Hari Kesehatan Nasional, serta memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang mendukung terlaksananya program kesehatan, sehingga di masa yang akan datang, tingkat pembangunan kesehatan di Indonesia akan terus mengalami kemajuan serta mampu menciptakan sumber daya manusia yang sehat dan mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain.

“Mari senantiasa kita mengenang jasa para pejuang pembangunan kesehatan, Selamat Hari Kesehatan Nasional, Sehat Keluargaku-Sehat Indonesiaku,” tutup Wakil Bupati.

Dalam kesempatan tersebut Wabup Surya turut menyerahkan hadiah kepada 5 orang Tenaga Kesehatan Teladan yakni Purwanto Siddik, dr Kurnia Mahleni, Hotman Tamba, Hanna Batu Bara dan Nuraini Simangunsong.

Selain itu turut di serahkan juga sepeda motor PSC 119 sebanyak 8 unit dari Bupati Asahan  Drs H Taufan Gama Simatupang MAP kepada koordinator PSC 119 Kabupaten Asahan, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan drg Lincoln Tambunan.

Acara HKN di  warnai dengan pelepasan Balon dan atraksi demontrasi pelayanan pra hospital penanganan gawat darurat medis oleh tim PSC 119 di saksikan seluruh undangan yang hadir antara lain para OPD, ASN dan Tenaga Kesehatan se-kabupaten Asahan. (Payan)

REKOMENDASI :

Wakil Bupati Asahan Tabur Bunga di Makam Pahlawan

Dibaca 6

Inilah Cara Ampuh Memberantas Suap

Dibaca 24

Ini Nama-nama Anggota PPK Asahan yang Terpilih, Si...

Dibaca 653

Harmonisasi Pers dan Penguasa

Dibaca 31

Yasir Ul Haque Terpilih Kembali Menjadi Ketua Kara...

Dibaca 44

Sebanyak 417 Koperasi di Asahan Dinyatakan Aktif

Dibaca 33

KPU Asahan Tes Wawancara Calon Anggota PPK

Dibaca 220

Sekolah di Asahan Dibekali Penataan Kearsipan

Dibaca 18

Click to comment

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.