Kuota Haji Kendari Diproyeksi Naik

Kuota Haji Kendari Diproyeksi Naik
Kuota Haji Kendari Diproyeksi Naik

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Kuota Calon Jamaah Haji (CJH) Kota Kendari tahun 2018 diproyeksi bertambah dari kuota tahun ini. Kuota haji tahun 2017 sekira 628 orang. Proyeksi kenaikan kuota haji diungkapkan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari, Samsuri. Proyeksinya kuota tahun depan diancang-ancang berada pada angka 646 orang dengan nomor porsi 25.185.

Meski begitu, Samsuri mengatakan kuota haji Kota Kendari masih berpotensi berubah. Bisa saja bertambah atau berkurang, bergantung kuota yang diberikan oleh Pemerintah Arab Saudi untuk Sultra. “Itu sebagai gambaran saja, dan untuk kuota keseluruhan Sultra saya belum tahu. Informasi yang saya dapatkan kuotanya hampir sama dengan tahun lalu. Tentu kami berharap bisa lebih lagi,” ujar Samsuri disela-sela penyaluran zakat profesi oleh Baznas di aula bertakwa kantor Pemkot Kendari, Kamis (28/12).

Adanya nomor porsi yang didapatkan untuk Kota Kendari, Kemenag Kota Kendari berharap agar CJH yang masuk daftar tahun 2018 agar mempersiapkan diri. Utamanya menjaga kesehatan. Kepala Kemenag Kota Kendari, Samsuri menuturkan adanya gambaran kuota tersebut, maka seluruh jamaah yang tercover menjadi CJH tahun 2018 agar segera mengurus administrasi. “Sekarang sudah bisa dilihat apakah tercover atau tidak dengan melihat nomor porsinya. Kan nomor porsi untuk Kota Kendari itu 25.185,” paparnya.

Samsuri menjelaskan sesuai evaluasi pelaksanaan haji tahun 2017 diketahui aspek kesehatan dan peningkatan kualitas manasik haji harus terjaga. Karena bila kesehatan CJH terganggu maka pelaksanaan haji tidak maksimal. “Untuk hal manasik, kami tekankan lagi agar seluruh sunah-sunah haji dapat diterapkan oleh jamaah. Karena kalau tidak paham, maka ibadah haji tidak akan maksimal. Bahkan bisa sia-sia,” tutupnya. (kmr/c)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.