Pertama sejak 1953: Pemimpin Korea Utara melintas masuk Korea Selatan

Pertama sejak 1953: Pemimpin Korea Utara melintas masuk Korea Selatan
Pertama sejak 1953: Pemimpin Korea Utara melintas masuk Korea Selatan
Kim Jong-un and Moon Jae-in walk in the DMZ Hak atas foto EPA

Kim Jong-un, menjadi pemimpin Korea Utara pertama yang menginjakkan kaki di Korea Selatan sejak berakhirnya perang pada 1953, dengan melintasi garis militer yang membelah semenanjung Korea.

Lawatan yang dimulai Jumat (27/04) ini sekaligus menandai pertemuan puncak pertama kedua negara selama kurun lebih dari satu dekade terakhir.

Kim Jong-un berjalan melewati garis demarkasi di zona demiliterisasi (DMZ) untuk menemui Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in.

Korea Utara minta maaf larang media Korea Selatan liput Kim Jong-un nonton konser K-pop Trump: "Kesepakatan dengan Korea Utara tengah dibuat". Korea Selatan berunding dengan Korea Utara dalam keadaan 'mata awas'

Pada momentum simbolik itu, di perbatasan, pemimpin Korea Selatan Moon Jae-in berjabat tangan erat dengan Kim Jong-un.

Tak lama kemudian kedua pemimpin negara, yang secara teknis masih dalam keadaan berperang karena tidak ada perjanjian yang mengakhiri perang Korea pada 1950-an, menggelar pembicaraan.

Dalam perjumpaan pembuka yang hangat itu Kim jong-un mengatakan dia berharap terjadinya diskusi-diskusi 'blak-blakan' di antara mereka.

Hak atas foto Getty Images

Beberapa bulan yang lalu Korea Utara selalu dalam retorika perang, tetapi sekarang mereka mungkin akan membahas perjanjian damai dan kesepakatan senjata nuklir.

Sebagian besar fokus konferensi telah disepakati sebelumnya, tetapi banyak pengamat tetap sangat skeptis tentang tawaran Korea Utara untuk menghentikan pengembangan senjata nuklir.

Betapa pun, seluruh Korea Selatan terpaku saat pemimpin kedua Korea berjabat tangan di kedua sisi perbatasan di zona demiliterisasi yang membagi kedua negara.

Penonton kemudian menyaksikan dengan terkejut ketika Kim mengajak presiden Korea Selatan untuk melangkah sebentar melintasi garis demarkasi ke Korea Utara, sebelum keduanya mundur kembali ke Korea Selatan - sambil berpegangan tangan.

Itu adalah momen yang tampaknya tidak dirancang dalam peristiwa yang susunan acaranya direncanakan sangat rinci itu.

Hak atas foto Getty Images

Sesi pertama telah selesai dan keduanya makan siang secara terpisah. Kim Yong-un kembali ke Korea Utara dengan limusin hitam yang dijaga ketat untuk makan siang. Dia akan menyeberang kembali ke perbatasan di sore hari untuk melanjutkan diskusi.

Sejarah baru dibuka

Kedua pemimpin disambut oleh pasukan penghormatan dalam kostum tradisional di sisi Korea Selatan. Keduanya kemudian berjalan ke Wisma Perdamaian di Panmunjom, sebuah kompleks militer di zona demiliterisasi (DMZ) antara kedua negara.

"Sebuah sejarah baru sekarang dimulai - di titik awal sejarah dan era perdamaian," demikian pesan yang ditulis Kim Jong-un di buku tamu di Wisma Perdamaian.

Hak atas foto Getty Images Image caption Kim Jong-un dan Moon Jae-in bersalaman di kawasan DMZ.

Pertemuan pertama di antara para pemimpin kedua Korea dalam lebih dari satu dekade itu juga diselingi oleh momen-momen yang lebih ringan. Kim Jong-un bergurau bahwa ia membawa sejumlah mie dingin Korea Utara yang terkenal itu untuk KTT ini.

"Saya harap Anda benar-benar akan menikmati mie yang kami bawa," katanya santai kepada pemimpin Korea Selatan Moon Jae-in.

Gedung Putih mengatakan pembicaraan itu memunculkan harapan akan terjadinya kemajuan menuju perdamaian dan kesejahteraan. KTT Korea dipandang sebagai pendahuluan untuk pertemuan yang diagendakan antara Kim Jong-un dan Presiden AS Donald Trump, langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya: tidak pernah ada presiden AS yang masih menjabat yang bertemu dengan pemimpin Korea Utara.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.