Guru Harus Jadi Teladan Bagi Peserta Didiknya

Guru Harus Jadi Teladan Bagi Peserta Didiknya

Kisaran – Selain sebagai guru dalam pendidikan formal bagi siswa, guru juga diharap bisa menjadi panutan bagi siswanya dalam kehidupan sehari-hari.

“Sudah selayaknya seorang pendidik atau guru memberi keteladanan kepada anak didikmya, dimana guru sebaiknya memberikan contoh yang baik sesuai dengan nasihat dan ucapannya kepada para siswanya,”kata Kabid SD Dinas Pendidikan Asahan Pardamean Sitorus SPd, Jumat (27/10).

Dikatakan, akan sangat lucu jika yang disampaikan guru ternyata tidak dilakukan oleh guru itu sendiri. Sedangkan dirumah keteladanan dari orangtua sangat menentukan terlebih di zaman sekarang media tontonan tidak dapat diharapkan menjadi contoh yang baik bagi pembentukan akhlak anak-anak.

“Keteladanan sangat erat kaitannya dengan komitmen, kejujuran dan integritas, karena keteladanan berarti melakukan apa yang diucapkan dan mengucapkan apa yang sudah dilakukan. Seorang guru atau pendidik harus bisa menampilkan suri tauladan yang baik didepan anak-anak didiknya,” ungkapnya.

Menurutnya, dalam pendidikan terutama kepada anak didik, guru diharuskan memberikan contoh yang baik adalah suatu hal yang penting, karena seorang guru atau orang tua yang menyuruh anaknya berwudhu dan sholat misalnya sementara dia sendiri masih sibuk dengan aktifitasnya akan sulit menanamkan nilai-nilai kepada peserta didiknya.

Pardamean juga mengatakan bahwa keteladanan dalam pendidikan harus diperhatikan oleh semua pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan, sebelum hal-hal lain seperti materi pelajaran dan seterusnya. Tentu hal ini tidak bisa serta merta bisa diwujudkan begitu saja, harus ada upaya yang sistematis dalam menciptakan guru-guru yang memiliki keteladanan yang tinggi.

“Ini dimulai dari pendidikan guru itu sendiri, rekrutmennya, sistem pembinaan guru dan evaluasinya,”pungkasnya. (Payan)

REKOMENDASI :

Cegah Malaria, Dinkes Asahan Terus Lakukan IRS

Dibaca 4

Realisasi PBB P2 di Asahan Capai 82,84 Persen

Dibaca 10

Inilah Peran Persandian Dalam Menjamin Keamanan In...

Dibaca 22

Ilham Daulay Pimpin Karang Taruna Kecamatan Sei Ke...

Dibaca 14

Bupati Apresiasi Kinerja TP PKK Asahan

Dibaca 15

Sambut Hari Anak, Komnas P2AI Gelar Lomba 4 Pilar ...

Dibaca 10

Dinsos Asahan Hadirkan TP4D Kejari Asahan

Dibaca 23

Dispursip Asahan Gelar Bimtek Penataan dan UU Kear...

Dibaca 10

Click to comment

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.