Iran batasi Telegram dan Instagram setelah aksi unjuk rasa

Iran batasi Telegram dan Instagram setelah aksi unjuk rasa
Iran batasi Telegram dan Instagram setelah aksi unjuk rasa
Teheran, Iran Hak atas foto AFP Image caption Pengunjuk rasa menggunakan media sosial untuk berbagi informasi karena media yang dikekang pemerintah.

Pihak berwenang Iran menempuh pembatasan jaringan media sosial yang digunakan untuk mengelola aksi unjuk rasa antipemerintah selama tiga hari.

Pembatasan atas aplikasi komunikasi Telegram dan situs berbagi foto Instagram bersifat 'sementara', menurut kantor berita pemerintah Irib.

Sumber yang dikutip Irib mengatakan bahwa langkah itu ditempuh untuk 'memelihara ketenangan dan keamanan masyarakat'.

Iran dilanda demo 'anti pemerintah': Aksi kekerasan mulai terjadi Iran larang drone pribadi mengudara di Teheran Usulan larangan senam Zumba di Iran menuai kecaman

Unjuk rasa ini merupakan yang ungkapan penentangan terhadap pemerintah yang terbesar sejak tahun 2009 lalu untuk menentang hasil pemilihan presiden.

Berawal dari kawasan timur laut Iran untuk memprotes meningkatkan harga-harga dan kesulitan ekonomi, aksi kemudian berkembang menjadi ungkapan politik di beberapa negara dengan seruan menentang Pemimpin Agung Ayatullah Ali Khamenei, Presiden Hassan Rouhani, dan campur tangan Iran dalam politik kawasan.

Hak atas foto Reuters Image caption Aksi unjuk rasa Sabtu (30/12) diwarnai aksi kekerasan.

Setelah kekerasan marak di beberapa tempat pada hari Sabtu, unjuk rasa Minggu (31/12) dilaporkan tidak seramai sebelumnya.

Di ibu kota Teheran -seperti terlihat dalam video yang diterbitkan di media sosial- polisi menggunakan meriam air untuk membubarkan pengunjuk rasa yang berkumpul di Lapangan Ferdowsi di pusat kota,

_________________________________________________________________________

Ke mana arah dari unjuk rasa?

oleh Kasra Naji, BBC Persia

Ada kemarahan yang meluas dan bergelora di Iran, di bawah penindasan dan memburuknya perekonomian. Sebuah kajian oleh BBC Persia menemukan secara rata-rata orang Iran lebih miskin 15% selama 10 tahun belakangan.

Unjuk rasa tetap terbatas dalam kantong-kantong kecil dan sebagian besar pengunjuk rasa adalah kaum muda pria yang menuntut mundurnya rezim ulama.

Hak atas foto EPA Image caption Berawal dari isu ekonomi, unjuk rasa berkembang menjadi ungkapan politik antipemerintah.

Namun aksi menyebar ke kota-kota kecil di seluruh negeri dan memiliki potensi untuk berkembang menjadi besar.

Bagaimanapun tidak ada kepemimpinan yang jelas. Tokoh-tokoh oposisi sudah lama dibungkam atau dibuang ke pengasingan dan tidak ada tokoh yang kuat di pengasingan yang bisa memiliki pengikut yang besar.

Beberapa pengunjuk rasa menyerukan kembalinya sistem kerajaan dan putra mantan Syah Iran, Reza Pahlevi, yang mengasingkan diri ke Amerika Serika sudah mengeluarkan pernyataan mendukung pengunjuk rasa.

Akan tetapi tanda-tandanya memperlihatkan bahwa dia, sama seperti orang-orang lainnya, tidak mengetahui ke mana arahnya unjuk rasa ini.

________________________________________________________________________

Pembatasan media yang ketat membuat banyak informasi tentang unjuk rasa menyebar lewat media sosial, dengan Telegram dan Instagram digunakan secara meluas oleh para pengunjuk rasa.

Telegram merupakan aplikasi yang paling populer di Iran: 50% lebih dari 80 juta total penduduk disebut merupakan pengguna aktifnya.

Pimpinan puncak Telegram, Pavel Durov, menulis pesan di Twitter bawah pihak berwenang Iran mengambil tindakan setelah perusahaan menolak untuk menutup 'saluran unjuk rasa yang damai'.

Menteri Komunikasi, Mohammad-Javad Azari Jahromi, sebelumnya menuduh beberapa saluran dari aplikasi itu mempromosikan 'perlawanan bersenjata dan kerusuhan sosial', antara lain mendorong penggunaan bom botol.

Pihak berwenang menuduh kaum antirevolusioner dan agen-agen kekuatan asing yang berada di belakang unjuk rasa.

Namun beberapa politisi beraliran reformis juga ikut bersuara dengan mengangkat isu kebebasan warga untuk mengungkapkan pendapat.

Serangan ganda di Teheran 'kejutkan' masyarakat di Iran Iran tandatangani kesepakatan gas dengan Total Prancis Dakwaan belum jelas, adik presiden Iran ditahan

Sementara Amerika Serikat -musuh bebuyutan Iran- mendukung aksi unjuk rasa.

Lewat pesan Twitter, Presiden Donald Trump mengatakan warga Iran 'akhirnya menjadi bijaksana karena mengetahui bagaimana uang dan harta mereka dicuri dan diboroskan untuk terorisme.'

Kementrian Luar Negeri Iran menyebut komentar Presiden Trump dan pejabat AS lainnya sebagai 'oportunis dan dusta'.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.