Hari Jadi Tuban Diwarnai Bakti Sosial dan Nikah Massal

Hari Jadi Tuban Diwarnai Bakti Sosial dan Nikah Massal

Tuban – Puncak peringatan Hari Jadi Tuban tahun ini dilaksanakan dengan acara resepsi di Pendopo Krido Manunggal Tuban, Minggu (12/11).

Hadir dalam acara ini Bupati Tuban, H. Fathul Huda beserta istri, Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si. beserta istri, serta jajaran Forkopimda Tuban. Selain itu, pada hari jadi yang ke-724 ini juga hadir pula Kepala Baperwil Bojonegoro, Anggota DPRD Tuban, anggota DPRD Provinsi Jatim dapil Tuban, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat Se-Kabupaten Tuban dan Undangan lainnya.

Asisten Pemerintahan, Drs. Achmad Amin Sutoyo dalam laporannya menyampaikan berbagai kegiatan yang dilaksanakan sebagai rangkaian peringatan Hari Jadi Tuban ke-724 dikelompokkan menjadi 3 kategori. Pertama, pada kegiatan ritual dilaksanakan pengajian umum terkait hari jadi Tuban, reuni dan syukuran haji, pengajian sejarah Resolusi Jihad, Khataman alquran, tahlil akbar, Majelis dzikir, Ziarah Makam Leluhur, Malam Tirakatan, Tuban Bersholawat, khitanan massal, dan Gebyar Budaya Nikah Massal.

Kedua, dalam kategori budaya dan lomba dilaksanakan dengan pawai budaya, festival musik dan qosidah, dan masih banyuak lomba lainnya. Sementara itu di bidang sosial Pemerintah Kabupaten Tuban melaksanakan pelayanan donor darah, Tuban Peduli Masyarakat Miskin dan pelayanan kontrasepsi gratis.

Pada sambutannya, Bupati Tuban, H. Fathul Huda menuturkan bahwa tujuan dilaksanakannya peringatan Hari Jadi Tuban ke-724 adalah sebagai rasa syukur dan sarana silaturrahmi antara pemerintah dan seluruh komponen masyarakat. 

“Sekaligus menjadi sarana evaluasi  terhadap apa yang telah kita lakukan, baik evaluasi terhadap keberhasilan yang telah kita rencanakan, ataupun capaian yang belum optimal dari rencana kita,” ungkap Bupati Tuban.

Kedepannya, Bupati dua periode ini mengajak kepada seluruh warga Tuban untuk dapat mempersempit jurang pemisah antar golongan dan dapat semakin meningkatkan toleransi antar umat beragama, inter umat beragama dengan semua komponen masyarakat. Selain itu, Bupati juga berharap peningkatan sinergisitas, pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan serta profesionalisme dan bahu membahu mewujudkan Tuban sejahtera.

 “Selain itu, mari kita selalu melakukan langkah-langkah perbaikan dan menciptakan kepeloporan sesuai dengan bidang kita masing-masing,” imbuh Bupati.

Pada kesempatan pagi harinya saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Jadi Tuban Ke-724, Bupati juga menyampaikan bahwa berbagai program pembangunan yang telah dicapai Kabupaten Tuban telah mendapatkan apresiasi luar biasa baik dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi maupun lembaga swasta.

Pada Tahun 2017 ini saja didapatkan penghargaan di tingkat pusat seperti Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Tuban tahun 2016 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia. Penghargaan Adipura tahun 2017 dari Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan, Indonesia’s Attractiveness Award  (IAA) Tahun 2017 dari Tempo Media Grup. di bidang Investasi, Infrastruktur, Pariwisata Dan Layanan Publik.

Di tingkat provinsi di dapatkan penghargaan Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Terbaik, Penghargaan Wahana Tata Nugraha Kategori Lalu Lintas Kategori Kota Kecil tahun 2017, serta yang akan segera diraih adalah Penghargaan Natamukti ICSB Indonesia City Award 2017. Penghargaan ini diberikan kepada Kabupaten/Kota yang Berhasil dalam Memasarkan, Mendorong Peningkatan Kualitas serta Membangun Ekosistem UMKM di Daerahnya, serta masih banyak penghargaan lainnya.

Pada Upacara yang diikuti pasukan dari TNI, Satuan Polisi Pamong Praja, Korp Pegawai Republik Indonesia (Korpri), Mahasiswa, dan pelajar ini Bupati kembali mengingatkan akan sejarah berdirinya Kabupaten Tuban yang ditentukan dan ditetapkan pada tahun 1293 mengacu pada saat pelantikan Ronggolawe sebagai adipati di Tuban. 

“Sementara itu dalam mengusung tema utama pada peringatan Hari Jadi Tuban ke-724 ‘Kerja Bersama Menuju Masyarakat Tuban Sejahtera’ memiliki maksud bahwa Pemerintah Kabupaten Tuban dan seluruh komponen masyarakat beserta stakeholder yang ada di kabupaten Tuban terus berupaya untuk meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat, melalui kerja bersama,” jelas Bupati.

Dalam upacara Peringatan Hari Jadi Tuban ke-724 ini dimeriahkan olehpersembahan lagu dari paduan suara Persatuan Dharma Wanita Kabupaten Tuban dan tarian tradisional oleh pelajar dan seniman Tuban. Setelah upacara, dilaksanakan kegiatan Gebyar Budaya Nikah Massal yang dilaksanakan di Masjid Agung Tuban yang diikuti sebanyak 14 pasangan dari 15 yang sudah terdaftar, yang didampingi oleh pengiring dari masing-masing pasangan pengantin yang ikut menyaksikan kegiatan ini.

Pada kesempatan ini, Bupati Tuban, Wakil Bupati Tuban dan Forkopimda menjadi saksi pernikahan pada masing-masing satu pasangan. Setelah dilaksanakan akad nikah, para pasangan pengantin diarak menuju Pendopo Krido Manunggal Tuban untuk mengikuti resepsi hari jadi.

Iring-iringan terdiri dari paling depan tarian sufi, dilanjutkan tari Kuntulan dan seni musik terbang jidor. Pasangan pengantin pertama diarak dengan  menaiki ‘Jaran Jenggo’ disusul pasangan lainnya jalan kaki yang didampingi oleh kembang mayang. Pasangan pengantin yang terdaftar dalam nikah massal ini terdiri dari 5 pasangan dari Kecamatan Jatirogo, 2 pasangan dari Kecamatan Semanding, 2 pasangan dari Kecamatan Soko, 2 pasangan dari Kecamatan Kenduruan, 2 pasangan dari Kecamatan Widang, satu pasangan dari Kecamatan Bancar, dan satu pasangan dari Kecamatan Kerek.   (Afi)

REKOMENDASI :

Datangi Tempat Keramaian, Pengobatan Gratis Diserb...

Dibaca 50

Lomba Inovasi, Tim PT. semen Gresik Raih Prestasi ...

Dibaca 24

Gubernur Jatim: Perlu Regulasi Untuk Dorong Kemaju...

Dibaca 25

Pakde Karwo: Akulturasi Nilai Budaya Lama dan Baru...

Dibaca 42

Dewan Setujui Raperda APBD Jatim TA. 2018

Dibaca 17

Gubernur Jatim: Kemerdekaan Dibentuk oleh Harapan ...

Dibaca 17

Pakde Karwo: Percepat Spin Off Bank Umum Syariah G...

Dibaca 36

Wakil Gubernur Berharap Kerjasama Jatim – Au...

Dibaca 47

Click to comment

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.